September 7, 2011

Tips agar baterai Lithium BB jadi hemat atau awet

Tips agar baterai Lithium pada hape blackberry jadi hemat atau awet

Seperti pada umumnya baterai yg dipergunakan handphone2 saat ini, blackberry kita pun sama2 menggunakan baterai jenis Lithium-ion yang konon memilki daya tahan hingga 300-500 kali charge, dan mampu bertahan dlm kondisi standby sampai 3 hari.

Akan tetapi pada smartphone blackberry yg menggunakan BIS aktif hal ini tidak berlaku sama sekali.

Saat restart blackberry ternyata membutuhkan 'tenaga listrik' yg sangat besar seperti halnya kita menyalakan sebuah PC. Jangan heran kalau terkadang kita kehilangan hampir 2-5% baterai pada saat reboot dengan kondisi baterai dibawah 50%.

Melihat 'usia' baterai lithium-ion yg konon hanya sampai 300-500 kali charge, pasti kita akan menghitung umurnya mgkn 1 - 2 tahun saja. Bayangkan apabila kita setiap hari men-charge baterai?

Elektrode (ion) pada lithium adalah sejenis senyawa kimia yg mudah terurai namun bisa cepat kembali ke bentuk semula dengan kondisi telah terisi listrik. Pernah mencoba menggunakan browsing pada saat mencharge baterai? Punggung handheld kita akan terasa menjadi panas. Hal ini disebabkan karena blackbery kita 'over-load'. Satu sisi sedang berupaya menguraikan ion untuk diisi dgn listrik, disisi lain blackberry kita butuh tenaga untuk menjalankan browser. Pemanasan ini bisa juga menyebabkan kerusakan pada baterai karena ion yg belum sepenuhnya sempurna sudah dipaksakan untuk dikonsumsi. Hasilnya? Dijamin baterai kita akan 'kembung'...

Ada mitos bahwa lebih baik baterai disimpan dalam lemari es (bukan freezer), ketika tidak sedang dipergunakan. Mungkin ada benarnya juga, karena penyempurnaan kembali ion lithium akan lebih maksimal pd suhu 5 derajat celcius. Namun apabila ribet, pilihan mudahnya adalah 'menidurkan' blackberry kita min 4 jam sehari.

So, what is the point?
Teman2 bisa menyimpulkannya masing2 dan kita berbagi disini... Hyuuk!

(Correct Me If its wrong... And I'm waiting 4 support)

Source: Share : Mengenal Baterai BlackBerry Kita « Blackberry Indonesia Community http://www.berryindo.com/forum/topic/share-mengenal-baterai-blackberry-kita#post-17283#ixzz1XGZg961y
Copyright: www.BerryIndo.com


Sent from my BlackBerry®!

0 Komentar:

Post a Comment

Leave Yours Comment :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Pasang Iklan Gratis Mudah Dan Cepat

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More